HUSNUL KHOTIMAH VS SU’UL KHOTIMAH

13 07 2010

dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu dari permulaan.
QS. ad-Dhuha (93) : 4

(Kesudahan yang baik vs Kesudahan yang buruk )

Setiap orang, paling tidak diri saya sendiri, pasti menginginkan kelak di akhir hayat dalam keadaan khusnul khotimah.
Bagaimana upaya kita untuk bisa khusnul khotimah???

Berikut catatan pendek yang saya terima dari Bapak tercinta. Mudah-mudahan bisa menjadi masukan berarti bagi kita…dan mudah-mudahan Allah menyayangi beliau sebagaimana beliau menyayangi aku di waktu kecil…Amin YRA.

AWALNYA BAIK, TETAPI BERAKHIR BURUK

1. Riwayat Qorun

Pada awalnya Qorun adalah seorang ahli ibadah. Suatu ketika ia minta kpd Nabi untuk.didoakan menjadi orang yang kaya supaya dapat banyak beramal. Tetapi setelah didoakan oleh Nabi dan menjadi orang yg kaya-raya, ia semakin jauh dari melaksanakan amal ibadah, dg alasan sibuk mengurusi harta kekayaannya. Pada akhirnya Tuhan melaknat Qorun beserta seluruh harta miliknya runtuh tertimbun tanah. Dan sekarang orang menyebut ” harta karun ” sebagai harta yang tertimbun tanah.

2. Riwayat orang yg amal baiknya hanya krn riya
Dari Abi Hurairah ra: Aku mendengar Rosululloh SAW.bersabda: ” Sesungguhnya manusia pertama yang diadili pada hari kiamat adalah orang yang mati syahid di jalan Allah. Kepada-nya didatangkan dan diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan yang telah diperolehnya pada waktu di dunia, lalu iapun mengenalinya.
Allah bertanya: ”Amal apakah yang engkau lakukan dengan nikmat-nikmat itu ?”
Ia menjawab:”Aku berperang semata-mata karena Engkau, shg aku mati syahid ”.
Allah menjawab: ” Engkau dusta!. Engkau berperang supaya dikatakan seorang yang gagah-berani. Memang demikian yang telah dikatakan tentang dirimu ”
Kemudian diperintahkan malaikat supaya menyeret orang itu atas mukanya, dan melemparkannya ke dalam neraka. ( HR Muslim – Nasai – Al Hakim )

Banyak orang yang beramal dengan amalan ahli surga, tetapi pada akhir hayatnya ia beramal dengan amalan ahli neraka, antara lain karena:
1) Munafik;
2) Riya;
3) Mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri ;
4) Menjelang akhir hayatnya menjadi kufur;
5) Pada akhir hayatnya terbawa bujukan setan.

Dengan demikian ia meninggal dalam keadaan su’ul khotimah.
Naudzubillahi mindzlik….mudah-mudahan kita dijauhkan dari yang demikian.
Amin YRA.

AWALNYA BURUK, TETAPI BERAKHIR BAIK:

1. Riwayat Umar bin Khotob

Pada awal Nabi Muhammad menyiarkan agama Islam, maka tokoh masyarakat Quraisy yang paling keras dan paling kejam memusuhinya adalah: (1). Umar bin Hisyam (Abu Jahal ), dan (2). Umar bin Khotob.

Nabi pernah berdoa: ” Ya Alloh, tinggikanlah Islam dengan salah seorang diantara dua laki-laki yaitu: Umar bin Hisyam ( Abu Jahal ) dan Umar bin Khotob ”.

Dan doa Nabi tersebut dikabulkan Tuhan dengan memberikan hidayah kepada Umar bin Khotob pada saat mendengar sendiri bacaan Al Qur’an ( Thoha. 1-6 ) yang sedang dilantunkan oleh adiknya sendiri, yaitu. Fatimah binti Khotob. Selanjutnya kita tahu bahwa beliau menjadi salah seorang kholifah yang sangat berjasa didalam menegakkan syiar Islam. Bahkan putrinya, yaitu Khofsoh binti Umar bin Khotob diperistri Nabi.

2. Riwayat Pembunuh 100 orang yang ingin bertobat
Seseorang yg telah membunuh 99 orang tetapi sadar atas dosa-dosanya dan ingin bertobat, menanyakan kepada seorang Rahib apakah jika ia bertobat masih dapat diampuni oleh TuhanYMK. Rahib tersebut menjawab bahwa tidak mungkin ia mendapat ampunan karena dosa-dosanya yang sudah sangat parah. Atas jawaban yang mengecewakan tersebut, maka Rahib itupun dibunuhnya sehingga yang dibunuhnya menjadi genap 100 orang. Kemudian ia mendatangi seseorang ulama dan mendapat jawaban bahwa masih terbuka pintu taubat dengan syarat ia harus meninggalkan kampung asalnya yang penuh kejahatan dan pindah ke kampung lain yang banyak orang yang rajin beribadah. Si pembunuh itupun dengan tekad yang bulat berusaha menuju kampung yang ditunjuk oleh ulama tersebut, namun sebelum sampai tujuan ia keburu meninggal dunia. Kemudian malaekat Azab dan malaekat Rahmat berebut untuk membawa nyawa pembunuh tersebut sehingga akhirnya datang malaekat penengah yg memberikan solusi dengan cara mengukur jarak yg telah ditempuh dalam upaya hijrahnya tersebut. Ternyata jarak ke arah yang dituju lebih dekat sehasta, sehingga dibawalah arwah orang tersebut oleh malaekat Rahmat. (HR. Bukhari & Muslim )

3. Riwayat Penciptaan Manusia
” Sesungguhnya seseorang dari kalian dikumpulkan dlm perut ibunya dlm 40 hari dlm bentuk nuthfah, kemudian menjadi ’alaqah ( = segumpal darah ), kemudian menjadi mudhghah ( = segumpal daging ). Kemudian seorang malaekat diutus kepada-Nya untuk meniupkan ruh di dalam-nya dan diperintahkan utk menuliskan 4 hal yaitu :
1). A malannya,
2). R izkinya,
3). C elaka atau bahagianya,
4). A jalnya

Maka demi Allah yang tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Dia, sesungguhnya salah seorang dari kalian beramal dengan amalan ahli surga, sehingga jarak antara dirinya dengan surga tinggal sehasta, tetapi catatan takdir mendahuluinya lalu ia beramal dengan amalan ahli neraka, maka dengan itu ia memasukinya. Dan sesungguhnya salah seorang dari kalian beramal dengan amalan ahli neraka, sehingga jarak antara dirinya dengan neraka tinggal sehasta, tetapi catatan takdir mendahuluinya lalu ia beramal dengan amalan ahli surga, maka dengan itu ia memasukinya”. ( HR.Bukhari & Muslim ).

Banyak orang yg beramal dengan amalan ahli neraka, tetapi pada akhir hayatnya ia beramal dengan amalan ahli surga, antara lain karena:
1) Masuk Islam dan bertaubat
2) Masuk Islam dan mati sahid.

Dengan demikian ia meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.
Mudah-mudahan kita termasuk hamba Allah yang memiliki akhir khusnul khatimah.
Allahuma Amin.

Wallahu alam bishawab.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: