Resep Mendapatkan Kemudahan dan Ketenangan Dalam Menjalani Kehidupan

20 07 2010

Sobats..pastilah…sebagai manusia… yang selalu kita inginkan adalah kebahagiaan…termasuk di dalamnya adalah diberinya kita kemudahan dan ketenangan dalam menjalani kehidupan ini…

Bagaimanakah caranya agar kita bisa mendapatkan kemudahan dan ketenangan dalam menjalani kehidupan kita ini???

Berikut adalah resep yang saya ambil dari Bapak tercinta khusus saya bagikan buat sobats semua…Mudah-mudahan bisa memberikan banyak manfaat…dan Mudah-mudahan Allah membalas amal kebaikan Bapak dan Ibu kita tercinta berlimpah-limpah untuk kebahagiaan beliau berdua. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

RESEP: I T S S (Iman, Taqwa, Sabar, Syukur)

1. I-MAN (MEYAKINI KEKUASAAN ALLAH)

a. Dan sepenuhnya urusanku aku serahkan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mengetahui semua urusan hamba-Nya.(Al Mu’min:44).

b. Cukuplah Allah yang menjaga kami, karena Ialah pembela yang sebaik-baiknya.(Ali Imron:173).

c. Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingati Allah maka hati akan menjadi tentram.(Ar Ra’d:28).

2. T-AKWA (MENTAATI KETENTUAN ALLAH)

a. Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menyediakan baginya jalan keluar dari kesulitan, dan memberinya rizki dari arah yg tidak terduga-duga.(At Tolaaq:2-3).

b. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa kepada-Nya.(Al Khujurot:13).

c. Sesungguhnya yang taqwa kepada Allah diantara hamba-hamba Nya hanyalah mereka yang berilmu pengetahuan (para alim/ulama ).(Al Fatir:28).

3. S-ABAR (TIDAK MUDAH PUTUS ASA, ULET DALAM BERUSAHA)

a. Dan sesungguhnya Aku (Allah) akan memberikan cobaan bagimu berupa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan; Dan berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar. (Al-Baqoroh:155–156).

b. Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan solat; sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(Al-Baqoroh:153).

c. Sesungguhnya orang-orang yang sabar itu, baginya pahala yang tidak terhingga.(Az-Zumar:10).

Sabda Nabi saw:”Sungguh sangat mengagumkan keadaan seorang mukmin, sebab jika mendapat nikmat ia bersyukur, maka bersyukurnya itu lebih baik baginya; dan jika mendapat musibah ia bersabar, dan sabarnya itu lebih baik baginya ”.

4. S-YUKUR ( BERTERIMA KASIH KEPADA ALLAH, DENGAN MEMANFAATKAN KARUNIA-NYA SESUAI DENGAN PETUNJUK-NYA )

a. Sesungguhnya apabila kamu bersyukur, pasti akan Aku tambah nikmat bagimu; dan jika kamu ingkar atas nikmat-Ku maka sesunguhnya azab-Ku sangat pedih.(Ibrahim:7)

b. Barang siapa tidak bersyukur terhadap manusia, berarti iapun tidak bersyukur terhadap Allah. (HR.Tirmidzi)

c. Solat mengandung hikmah bersyukur kepada Allah.

Ketika Rasulullah ditanya: ”Mengapa anda selalu menjalankan solat malam, bukankah Allah telah memberi ampunan kepada anda terhadap dosa-dosa yang telah lalu maupun yang akan datang ?
Rasulullah menjawab: Bukankah jika begitu aku termasuk hamba yang bersyukur ?”

Sholat adalah sarana menuju tazkiyah dan merupakan wujud tertinggi dari’ubudiyah dan rasa syukur.

Sholat adalah sarana dan sekaligus tujuan. Sholat yang dilakukan secara sempurna adalah dampak dari hati yang suci.

Sebenarnya terdapat banyak sarana untuk Tazkiyah…dan sholat merupakan sarana pertama yang akan membersihkan jiwa kita dari kesombongan kepada Allah, juga akan mengingatkan kita agar istiqomah atas perintahNya.(Al-Ankabut: 25)

Dan berkata Ibrahim: “Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebagian kamu mengingkari sebagian (yang lain) dan sebagian kamu melaknati sebagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun. (Al-Ankabut: 25)

Wallahualam bishawab.

Mudah-mudahan kita bisa selalu memiliki Iman, Taqwa, Sabar, dan Syukur….sehingga kita semua bisa mendapatkan kemudahan dan ketenangan dalam menjalani hidup dan kehidupan kita di dunia ini…dan mudah-mudahan kebahagiaan Allah karuniakan kepada kita di dunia dan kelak di akherat.

Allahuma Amin.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: