SILATURAHMI…SUDAHKAH KITA?

12 07 2011

Berikut adalah perintah dan keutamaan silahturahmi dalam Al Qur’an dan Hadits…
Tulisan ini dibuat untuk mengingatkan diri pribadi…mudah-mudahan bermanfaat juga buat temans semua….
Allahuma Amin.

AL QURAN

Q.S. Al Hujurat 13
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Q.S. An Nisa 1
Dan takutlah kepada Allah yang kamu memintanya dengan menyebut nama-Nya, dan takutlah akan memutus silaturahmi. Sesungguhnya Allah mengawasi atas kamu.

Q.S. Muhammad 22-23
Apakah kiranya jika kamu berkuasa, kamu berbuat kerusakan di muka bumi, dan memutuskan silaturahmi?. Mereka itulah yang dikutuki Allah, lalu Allah mentulikan telinga dan membutakan mata mereka.

Q.S. Ali Imron 112
Ditimpa kehinaan dimanapun kamu berada, kecuali apabila kamu menjaga tali silaturahmi dengan Allah dan menjaga tali silaturahmi dengan sesama manusia.

HADITS

H.R. Muslim
• Barang siapa yang merasa senang bila dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah dia menyambung hubungan kekeluargaan (silaturahmi).

• Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk sehingga setelah selesai menciptakan mereka, bangkitlah rahim (hubungan kekeluargaan) berkata: Ini adalah tempat bagi orang berlindung (kepada-Mu) dengan tidak memutuskan tali silaturahmi. Allah menjawab: Ya. Apakah kamu senang kalau Aku menyambung orang yang menyambungmu, dan memutuskan orang yang memutuskanmu? Ia berkata: Tentu saja. Allah berfirman: Itulah milikmu. Kemudian Rasulullah saw. bersabda: Bacalah ayat berikut ini kalau kalian mau: Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikan telinganya dan dibutakan matanya. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran ataukah hati mereka terkunci.

• Rasulullah saw. bersabda: Rahim (tali persaudaraan) itu digantungkan pada arsy, ia berkata: Barang siapa yang menyambungku (berbuat baik kepada kerabat), maka Allah akan menyambungnya dan barang siapa yang memutuskan aku, maka Allah pun akan memutuskannya.

• Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan kekeluargaan.

H.R. Al Hakim
Ingatlah, barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.

H.R.Abu Hurairah
Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.

H.R. Ibnu Hibban
Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga yaitu mereka yang :
(1). pecandu khamar;
(2). pemutus silaturahmi;
(3). percaya kepada sihir.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: